MEMBUAT PEMBANTU BETAH DAN SETIA

MEMBUAT PEMBANTU BETAH? HARUS!

Pelajari Hal Ini:

Membuat pembantu betah bekerja tentu mengurangi beban pikiran kita. Pembantu merupakan anggota keluarga baru

membuat pembantu betah

yang akan hidup dalam satu atap bersama majikan. Ia juga membantu

keluarga dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung

jawabnya. Jasa

pembantu rumah tangga sangatlah besar. Tanpa bantuannya maka bagaimana mungkin kita mampu menghandle segala pekerjaan rumah.

Pekerjaan rumah yang saat ini tidak menjadi prioritas dibandingkan dengan pekerjaan utama di kantor. Hal ini akan semakin terasa saat pembantu kita tiba-tiba cuti atau minta berhenti kerja.

Berbagai alasan mendasari seorang pembantu yang kemudian memaksa untuk resign atau berhenti kerja. Majikan tentu tidak dapat berbuat banyak jika hal ini telah terjadi. Hal ini karena pembantu juga memiliki perasaan yang sesitif dan peka. Oleh karenanya, bagi majikan sebaiknya lakukan hal di bawah ini. Supaya pembantu tetap betah bekerja bersama kita dan menjadi setia serta loyal kepada keluarga kita.

Pertama

Anda harus mengenal betul pembantu yang bekerja bersama anda. Hal paling mendasar adalah mengingat namanya dan mengetahui usianya. Jika pekerja anda memiliki usia yang tergolong muda, maka baiknya adalah dengan membuat perjanjian kewajiban dan konsekuensi bagi pembantu anda. Anda dapat menjelaskan dengan rinci dan jelas tanggung jawab asisten rumah tangga yang anda ambil sehingga terjadi kesinkronan antara yang diiginkan majikan dan yang dikerjakan pembantu.

Kedua

Sebagai seorang pembantu maka memberikan gaji merupakan kewajiban. Agar pembantu anda betah bekerja dengan anda, berikan gaji sesuai dengan perjanjian awal, bahkan berikan bonus pada perayaan-perayaan tertentu seperti THR lebaran, tahun baru maupun natal. Selain dalam bentuk uang, bonus lain juga dapat diberikan melalui mengajak rekreasi, membelikan makanan maupun benda-benda baru, pendidikan dll. Selain itu berikan hak cuti sesuai seharusnya sehingga pembantu anda juga dapat refreshing dari kepenatan pekerjaannya.

Ketiga

Perlakukan pembantu anda sebagai keluarga. Karena sejatinya pembantu anda memiliki jasa besar dalam hidup anda maka perlakukan mereka dengan baik layaknya  keluarga sendiri sehingga pembantu anda akan terbangun perasaan kesetiaan pada anda.

Keempat

Hormatilah pembantu anda. Karena pembantu pun berhak diperlakukan dengan hormat dan dijaga martabatnya, sehingga jagalah perkataan maupun perbuatan yang mampu menyakiti pembantu anda. Tegurlah pembantu anda dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Terakhir

Ajarkanlah hal-hal baru yang dapat menambah ketrampilan maupun wawasan pembantu anda seperti pengajaran terhadap ilmu-ilmu baru yang terkait dengan pekerjaannya.

Summary
MEMBUAT PEMBANTU BETAH DAN SETIA
Article Name
MEMBUAT PEMBANTU BETAH DAN SETIA
Description
Membuat pembantu betah. Siapa yang ingin selalu gonta ganti "mbak" setiap saat? Merepotkan.Kita harus memulai adaptasi dari awal. Buatlah "mbak" anda betah!
Author
Publisher Name
Yayasan Bhakti Abadi Jakarta
Publisher Logo
 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>